Momen Indonesia Permalukan Malaysia 5-1 di Piala AFF (foto : int)
Momen Indonesia Permalukan Malaysia 5-1 di Piala AFF (foto : int)

Momen Indonesia Permalukan Malaysia 5-1 di Piala AFF

Jakarta, Replik.co.id – Timnas Indonesia pernah mengukir kemenangan telak atas Malaysia dengan skor 5-1 jelang laga penentuan di Grup B Piala AFF 2020 (2021), Minggu (19/12).

Kemenangan telak yang terakhir kali didapat Timnas Indonesia itu terjadi di Piala AFF 2010. Ketika itu, Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah mencukur Malaysia 5-1 di babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia bertemu Malaysia di laga pertama Grup A Piala AFF 2010. Tim asuhan Alfred Riedl bermain superior sehingga membuat Malaysia tidak berkutik.

Malaysia sebenarnya mampu unggul lebih dulu 1-0 dalam laga yang disaksikan puluhan ribu penonton di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Gol Harimau Malaya dicetak penyerang Norshahrul Idlan Talaha pada menit ke-18.

Namun keunggulan 1-0 itu hanya bertahan empat menit. Gol bunuh diri bek Malaysia, Asraruddin Putra saat coba menghalau umpan Irfan Bachdim berbuah gol bunuh diri yang membuat skor menjadi 1-1.

Semangat tim Merah Putih semakin terlecut setelah gol bunuh diri tersebut. Timnas Indonesia pun bisa berbalik unggul berkat gol indah Cristian Gonzales pada menit ke-33.

Tekanan semakin gencar diberikan Timnas Indonesia kepada Malaysia di babak kedua. Hasilnya tiga gol tambahan bisa disarangkan Timnas Indonesia ke gawang Malaysia melalui Muhammad Ridwan (52′), Arif Suyono (76′), dan Irfan Bachdim (90+4′).

Kemenangan telak atas Malaysia jadi cerita manis buat Timnas Indonesia yang bisa keluar sebagai juara Grup A dengan hasil sempurna. Selain mengalahkan Malaysia, Gonzales dan kawan-kawan menang atas Laos 6-0 dan Thailand 2-1.

Timnas Indonesia bisa melaju hingga final di Piala AFF 2010 ini. Sayangnya di partai puncak, tim Garuda harus puas jadi runner up karena kalah dari Malaysia dengan agregat 2-4. (cnni)

Related posts

Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kota Batam

Ahmad

Istri Tersangka Dicabuli Polisi, Kapolsek dan Jajaran Dicopot

Ahmad

Kini, Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi Setelah Satu Bulan Sembuh

Ahmad

Leave a Comment