Hari Guru 2021, Menag Janji Tingkatkan Kesejahteraan Guru Madrasah dan PAI (foto : int)
Hari Guru 2021, Menag Janji Tingkatkan Kesejahteraan Guru Madrasah dan PAI (foto : int)

Hari Guru 2021, Menag Janji Tingkatkan Kesejahteraan Guru Madrasah dan PAI

Jakarta, Replik.co.id – Dalam peringatan Hari Guru Nasional 2021, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berjanji akan tingkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru demi pendidikan dan masa depan anak negeri.

Salah satu bentuk kepedulian Kementerian Agama (Kemenag) terhadap para guru tersebut diimplementasikan dalam program afirmasi sepanjang 2021, baik untuk guru madrasah maupun guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Kemenag terus peduli terhadap para guru demi pendidikan dan masa depan anak negeri, diantaranya fokus pada program afirmasi untuk guru madrasah dan pendidikan agama. Kemenag terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru,” ujar Menag Yaqut, seperti dikutip dari laman Kemenag, Kamis (25/11/2021).

Beberapa program afirmasi yang disebut oleh Yaqut di antaranya pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG), baik bagi guru madrasah maupun guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah dengan anggaran mencapai Rp 9,9 triliun untuk 307.380 guru baik PNS maupun Non PNS.

Yaqut memaparkan, program kesejahteraan guru ini juga diberikan dalam bentuk bantuan insentif kepada 273 ribu guru dengan anggaran sebesar 647 M. Sekitar Rp 1,7 triliun juga telah disalurkan tahun ini untuk menyelesaikan pembayaran selisih tunjangan kinerja (tukin) guru madrasah yang terhutang sejak 2015-2018.

Tercatat ada 85.820 guru madrasah yang menerima manfaat dari afirmasi tersebut. Demikian juga dengan pembayaran tukin terhutang guru Pendidikan Agama Islam dengan anggaran mencapai Rp 158 miliar.

“Kemenag juga memberikan bantuan tunjangan khusus untuk 4.700 guru di wilayah 3T, dengan anggaran sebesar 76,1 miliar rupiah,” jelas Menag.

Sementara itu, dalam upaya peningkatan kompetensi guru, Yaqut memaparkan ada sejumlah program yang telah dan sedang diupayakan oleh Kemenag.

Di antaranya penguatan program sertifikasi guru melalui jalur PPG (pendidikan profesi guru), pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Pengawas, Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah, serta sejumlah kegiatan penyelenggaraan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). (dtk)

Related posts

Presiden Iran Ebrahim Raisi Resmi Dilantik, Berjanji Akhiri Sanksi AS

Caca

Gading Marten Unggah Foto Bersama Ariel Tatum, Go Public atau Proyek Film Baru?

Caca

Pengumuman Hasil Prakualifikasi Kerja Sama Operasi dan Pemeliharaan SPAM Hulu dan Hilir Batam

Ahmad

Leave a Comment