Ilustrasi rupiah (Shutterstock)

Kalkulator Wagepedia, Cara Mengecek Upah Minimum

Replik.co.id, BATAM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memperkenalkan sebuah sistem informasi pengupahan nasional dengan nama Wagepedia. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, Wagepedia merupakan sebuah kanal yang berisi tentang data dan informasi terkait pengupahan yang dapat diakses oleh publik. Dengan adanya Wagepedia, publik dapat mengetahui data dan informasi terkait pengupahan yang valid dan akurat.

Dengan demikian, data tersebut dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengambilan keputusan para stakeholder pengupahan secara transparan dan akurat,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (17/11/2021).

Ia menjelaskan, dalam Wagepedia juga terdapat fitur kalkulator upah minimum, sehingga dapat mengetahui perhitungan nilai upah minimum tahun 2022. Sebagai informasi, wagepedia merupakan sebuah kanal dari hasil kolaborasi antara Kemenaker dan Dewan Pengupahan Nasional (Depenas).

tangkapan layar kalkulator wagepedia (foto:replik.co.id)

Untuk mengetahui berapa batas bawah dan atas upah minimum masing-masing provinsi, kabupaten/kota pada tahun 2022, simak langkahnya:

  1. Masuk ke situs wagepedia.kemnaker.go.id;
  2. Kemudian, pilih Kalkulator Upah Minimum, kemudian klik “Coba Sekarang“;
  3. Kemudian pilih Penyesuaian Upah Minimum; Di dalam fitur Penyesuaian Upah Minimum terdapat kolom provinsi, kabupaten/kota. Kemudian kolom rata-rata konsumsi per kapita tahun 2021, rata-rata jumlah ART, rata-rata ART bekerja, upah minimum tahun berjalan, pertumbuhan ekonomi provinsi, dan inflasi provinsi.Lalu di bawahnya, terdapat kolom batas atas dan batas bawah. Terakhir, kolom upah minimum tahun 2022.
  4. Mengetahui angka besaran upah batas atas dan batas bawah, terlebih dahulu memilih provinsinya di kolom “Pilih Provinsi”; Semisal, pilih Provinsi Kepulauan Riau. Berikutnya, di kolom kabupaten/kota pilih sesuai wilayah tempat kalian bekerja. Sebagai contoh, Kota Batam. Lalu, klik “Cari”. Maka akan tampil hasil pencarian data berupa rata-rata konsumsi per kapita 2021 sebesar Rp 2067955 untuk Batam. Rata-rata jumlah ART di Batam 3.54, rata-rata ART bekerja 1,4, upah minimum tahun berjalan Kabupaten Batam tahun 2021 sebesar Rp 4150930, pertumbuhan ekonomi provinsi .85, dan inflasi provinsi 2,7
  5. Setelah itu klik Hitung UM 2022, maka muncul batas atas Batam sebesar Rp 5,228,971.93, batas bawah Rp 2,614,485.96 dari upah minimum Rp 4,186,359.51.

AZ

Related posts

Selamat Jalan Prof. Sahetapy, Sang Ahli Hukum Pidana dari Universitas Airlangga

Caca

Gubernur Berharap INAMPA Bisa Membantu Promosikan Kepri Kepada Dunia

Ahmad

Mahfud MD Ungkap Pemicu Awal Kebijakan Vaksin Berbayar

Ahmad

Leave a Comment